ASPEK PEMASARAN YANG PERLU DIKETAHUI SAAT MEMULAI USAHA BARU
ASPEK
PEMASARAN YANG PERLU diKETAHUI SAAT MEMULAI USAHA BARU
Aspek pemasaran dalam kewirausahaan adalah aspek-aspek yang harus Anda perhatikan sebelum Anda memulai sebuah usaha. Nantinya aspek pemasaran tersebut akan menjadi kunci keberhasilan Anda dalam menjalankan sebuah usaha.
apa saja aspek pemasaran tersebut? langsung saja disimak ulasannya di bawah ini.
Spesifikasi
Produk dan Product Differentiation
Aspek pemasaran dalam kewirausahaan yang
pertama adalah spesifikasi produk dan product differentiation. Produk adalah
setiap hal yang bisa berupa barang atau jasa yang ditawarkan kepada konsumen.
Barang atau jasa ini diharapkan dapat memenuhi apa yang mereka butuhkan
sekaligus memberikan mereka kepuasan.
Hal-hal tentang detail mengenai produk yang
akan ditawarkan kepada konsumen merupakan bagian dari aspek pemasaran.
Spesifikasi produk tersebut misalnya saja bagaimana bentuknya secara fisik, apa
mereknya, bagaimana produk tersebut dikemas, apakah disertai garansi dan lain
sebagainya.
Sebuah produk baru bisa Anda kembangkan jika
Anda sudah mengetahui secara pasti apa keperluan dan kebutuhan pasarnya. Hal
ini karena tidak mungkin Anda memasarkan suatu produk jika tidak ada permintaan
yang potensial dan kontinyu dari pasar.
Nah jika Anda sudah menemukan solusi atas dua
hal ini baru setelahnya Anda memutuskan hal-hal mengenai harga, distribusi dan
langkah mempromosikan produk tersebut.
Seperti yang telah disinggung di atas, produk
yang ditawarkan oleh sebuah perusahaan tidak melulu berupa barang saja. Namun
produk juga ada yang berupa jasa.
Produk berupa jasa ini adalah produk yang
tidak berwujud. Singkatnya jasa adalah segala tindakan atau pekerjaan yang bisa
ditawarkan ke orang yang membutuhkan yang sifatnya intangible (tidak berwujud)
dan juga tidak bisa berpindah kepemilikan.
Lebih jauh Anda bisa menentukan spesifikasi
produk yang akan Anda tawarkan dengan melihat kondisi pasar yang tersedia.
Selain dengan melihat kondisi pasar yang potensial juga bisa dengan melakukan
analisa mendalam aspek-aspek pemasaran yang lain. Pasar, yang mana merupakan
kelompok pembeli potensial dari suatu produk dan jasa yang Anda tawarkan,
memiliki peran penting dalam perkembangan usaha Anda.
Jadi sampai sini bisa kita simpulkan
spesifikasi produk kemudian segmentasi pasarnya sangat penting agar produk yang
akan Anda tawarkan nantinya sesuai dengan keinginan dan kebutuhan pasar. Oleh
karena setiap produk memiliki pasar yang berbeda-beda pula.
Selain spesifikasi produk ada juga perbedaan
produk. Perbedaan produk atau product differentiation dasar bagi para penjual
untuk menentukan motif-motif pembelian selektif. Maksudnya adalah satu barang
atau jasa yang sama bisa berbeda-beda di mata para pembeli. Jadi meskipun
barang/jasa yang ditawarkan sama namun konsumen percaya bahwa barang/jasa
tersebut berbeda maka barang/jasa tersebut adalah sama sekali berbeda.
Misalnya saja Anda bisa lihat pada semen atau
garam yang mana secara fisik adalah sama dimanapun barang tersebut dijual.
Namun jika dikemas pakai bungkus yang berbeda sekaligus dibumbui merek maka
meskipun sama garam dan semennya namun produk ini menjadi berbeda di mata
konsumen. Yang biasa terjadi produk ini akan menghasilkan keuntungan yang
memuaskan apabila jumlah permintaannya melebihi penawaran.
Namun karena target pasar untuk barang semacam
ini adalah homogen maka akan sulit untuk meningkatkan permintaan. Jadi strategi
pemasarannya pada aspek spesifikasi produk dan perbedaan produk adalah dengan
membuat merek baru atau inovasi terkait kemasannya.
Segmentasi
Pasar
Aspek pemasaran dalam kewirausahaan
selanjutnya adalah segmentasi pasar. Jika analisis spesifikasi produk dan
perbedaannya didasarkan pada pemisahan dan pengkhususan produk-produk, maka
segmentasi pasar analisanya berdasarkan pemisahan dan pengkhususan pada calon
kelompok pembeli potensial.
Harus Anda ketahui meski ada pasar yang
sifatnya homogen atau hanya menjual satu barang saja namun yang sering disasar
kebanyakan pengusaha adalah pasar heterogen.
Pasar ini adalah pasar yang menjual lebih dari
satu barang atau jasa. Oleh karena itu sangat penting kiranya untuk melakukan
segmentasi pasar atau pemisahannya. Dengan diadakan segmentasi pasar maka Anda
akan lebih mudah dalam menjual barang/jasa yang Anda tawarkan.
Jadi sebuah perusahaan yang ingin mendapatkan
keuntungan maksimal harus membagi pasar yang pada mulanya bersifat heterogen
menjadi satuan pasar yang bersifat homogen. Inilah yang disebut segmentasi
pasar. Nantinya setelah perusahaan tersebut menentukan segmen pasar baru
setelahnya bisa mengalokasikan segala sumber daya ke pasar yang sudah homogen
tersebut.
Kenapa segmentasi pasar perlu Anda lakukan?
Hal ini karena dalam praktik nyata masih saja terdapat produk yang heterogen
pada seluruh pasar. Selain itu bisa juga karena produk tersebut hanya
dibutuhkan dan diperlukan oleh satu kelompok pasar tertentu saja.
Lalu kenapa lebih mudah bagi sebuah perusahaan
apabila mereka sudah menemukan pasar yang homogen?
Karena dalam setiap homogenitas pasar terdapat
perbedaan-perbedaan utamanya dalam hal membeli, cara menggunakan produk,
manfaat produk, alasan melakukan pembelian dan tujuan pembelian.
Perbedaan-perbedaan ini akan memudahkan Anda dalam mengalokasikan SDM
perusahaan Anda ke dalam segmen-segmen ini.
Jadi kegiatan segmentasi pasar ini merupakan
kegiatan yang menyeluruh yang harus dilakukan seorang pengusaha atau perusahaan
sebelum dimulai sebuah produksi.
Dengan segmentasi pasar ini maka usahanya akan
lebih ekonomis karena unit-unit pembelian sudah dikelompokkan ke dalam beberapa
segmen saja. Dengan ini maka laba maksimal juga bisa didapatkan.
Analisa
Pasar dan Peramalan Permintaan
Aspek pemasaran dalam kewirausahaan berikutnya
adalah analisa pasar dan peramalan permintaan. Analisa pasar merupakan bagian
dari analisis aspek pemasaran yang mana merupakan langkah pertama yang harus
dilakukan oleh sebuah perusahaan. Langkah ini dibutuhkan untuk mengatur dan
merencanakan sebuah strategi yang pas dan sesuai dengan kondisi pasar.
Kenapa analisa pasar sangat penting? Karena
dengan aspek pemasaran analisa pasar ini Anda dapat menemukan sebuah peluang
yang mungkin belum terpikirkan sebelumnya. Selain itu dengan analisa pasar Anda
juga bisa mengembangkan usaha dan bisnis Anda menjadi lebih maju.
Pada dasarnya jika Anda melakukan kegiatan
analisis pasar maka Anda akan mendapatkan pembaruan dalam bentuk strategi
pemasaran.
Misalnya saja dengan memberlakukan diskon yang
mana akan memberikan keuntungan kepada pasar jika membeli produk dalam jumlah
dan kriteria tertentu. Atau juga bisa memberikan hadiah langsung yang ditujukan
untuk mendongkrak pemasaran.
Pada tingkat yang lebih jauh, analisa pasar
dan pemasaran adalah dengan melakukan analisa dan peramalan yang mana harus
memperhatikan beberapa hal. Hal-hal tersebut adalah sebagai berikut.
Permintaan
pasar
Hal pertama yang harus diperhatikan ketika
melakukan analisa pasar adalah permintaan pasar. Sebuah perusahaan harus
benar-benar memahami apa yang menjadi permintaan pasar. Namun apa sih
sebenarnya definisi dari permintaan pasar itu sendiri?
Kotler dalam suatu pendapatnya pernah
mengatakan tentang definisi permintaan pasar akan sebuah produk. Dia mengatakan
bahwa permintaan pasar adalah volume total yang akan dibeli oleh pembeli dalam
lingkungan pasar tertentu dalam program pemasaran tertentu pula.
Jadi jika kita melihat definisi di atas kita
akan tahu bahwa permintaan pasar bukanlah hal yang sederhana. Ini karena
permintaan pasar memuat di dalamnya 8 unsur yang berbeda-beda. Unsur-unsur
penting tersebut adalah produk, volume total, produk yang dibeli, kelompok
pembeli, daerah geografis, periode waktu, lingkungan pemasaran serta program
pemasaran.
Peramalan
Penjualan
Peramalan penjualan adalah salah satu aspek
pemasaran dalam kewirausahaan yang mana sangat diperlukan jika Anda ingin
memulai sebuah bisnis. Peramalan penjualan harus tepat yang mana akan
berpengaruh terhadap bisnis Anda di masa depan.
Kenapa ramalan penjualan begitu penting? Hal
ini karena ramalan penjualan bisa dijadikan dasar untuk menentukan kuota,
pedoman untuk mengembangkan produk, merencanakan sebuah promosi serta
pengalokasian SDM/tenaga kerja.
Analisa
Pesaing
Aspek pemasaran dalam kewirausahaan
selanjutnya adalah analisa pesaing. Bisa dibilang analisa pesaing ini adalah
aspek pemasaran yang paling penting dalam studi kelayakan bisnis. Jika Anda
ingin perusahaan Anda tidak kalah dari kompetitor maka Anda harus melakukan
analisa pesaing. Ini juga akan menjadi penentu dimana Anda memposisikan
perusahaan Anda dalam dunia bisnis.
Pesaing bisa diartikan perusahaan yang juga
menawarkan jasa atau barang yang sama atau mirip dengan perusahaan Anda. Kalau Anda
tidak memiliki trik jitu dan analisa mendalam maka bukan tidak mungkin Anda
akan ditinggalkan konsumen atau tidak mendapatkan konsumen sama sekali.
Jadi bagaimana cara melakukan analisa pesaing?
Analisa pesaing dapat Anda lakukan dengan melakukan identifikasi. Identifikasi
atas hal apa? Yaitu Anda harus mengidentifikasi kesempatan, ancaman dan
persoalan strategis yang mungkin timbul dari suasana persaingan yang potensial.
Selain itu identifikasi bisa juga dilakukan
terhadap kekuatan dan kelemahan pesaing yang mana bisa memunculkan ilham bagi
Anda. Jadi untuk mengawali analisa pesaing dapat Anda lakukan dengan melihat
mana saja perusahaan yang menjadi pesaing umum dan pesaing potensial.
Dengan Anda mengetahui secara detail kekuatan
dan kelemahan pesaing maka Anda sudah mendapatkan keuntungan. Keuntungan
tersebut adalah Anda bisa memaksimalkan kekuatan perusahaan Anda untuk menutupi
kelemahan perusahaan pesaing. Selain perusahaan juga akan mendapatkan referensi
agar terus memperbaiki kinerja dan bisa bersaing secara sehat dalam dunia
bisnis.
Promosi
Aspek pemasaran dalam kewirausahaan
selanjutnya adalah promosi yang mana merupakan ujung tombak dari aspek
pemasaran dalam daftar di artikel ini. Promosi bisa diartikan segala upaya yang
dilakukan oleh penjual untuk menawarkan produknya kepada konsumen agar ujungnya
mereka tertarik untuk membeli.
Promosi adalah aspek yang vital dalam
pemasaran karena dengan promosi maka penjual dan menginfokan segala sesuatu
terkait jasa dan barang yang ditawarkan kepada konsumen. Adapun hal-hal yang
harus diperhatikan dalam promosi adalah sebagai berikut:
Tujuan
promosi
Seorang penjual harus mengetahui tujuan
mengapa dia harus melakukan promosi. Dengan tujuan yang jelas maka dia bisa
melakukan promosi dengan efektif dan tepat sasaran.
Adapun tujuan utama dari promosi adalah
memberitahukan konsumen tentang penawaran produk, manfaat dari produk yang
ditawarkan, membujuk mereka untuk melakukan pembelian dan mempertahankan merek
produk di mata konsumen.
Bauran
promosi/Promotional Mix
Hal berikutnya yang harus diperhatikan dalam promosi
adalah bauran promosi. Bauran promosi adalah kumpulan dari beberapa strategi
promosi yang akan membuat promosi lebih tepat sasaran dan lebih menghasilkan.
Adapun bauran promosi ada 4 yaitu periklanan, personal selling (interaksi
langsung penjual dan pembeli), publisitas dan promosi penjualan.
Nah dalam setiap usaha promosi sebuah
perusahaan bisa menggunakan salah satu dari variabel di atas atau
mengkombinasikannya. Dengan kombinasi yang tepat maka variabel-variabel di atas
akan mampu membentuk marketing mix yang akan sampai ke target pasar.
Oke demikianlah pembahasan tentang aspek
pemasaran dalam kewirausahaan yang bisa saya berikan. Semoga tulisan ini
bermanfaat dan bisa menambah wawasan kita menjadi luas. Terima kasih atas
kunjungannya, semoga sukses.
Comments
Post a Comment