PRODUK DAN PENENTUAN HARGA JUAL
hallo kawan semua, balik lagi sama aku Rezky,kali ini kita
akan membahas tentang Produk dan juga Penentuan Harga, nih kawan Dalam
membuat produk dan menetukan harga produk kita harus mempunyai strategi lhoo.
Strategi produk ini menentukan jenis produk bahwa perusahaan menciptakan untuk
memuaskan pelanggan, sementara strategi penentuan harga untuk menentukan harga
yang akan dikenakan untuk produk-produk tersebut. Kedua strategi mempengaruhi
permintaan untuk produk perusahaan memproduksi dan jumlah pendapatan perusahaan
akan yang dihasilkan selama periode tertentu.
yukk baca lebih lanjut cusss
Latar Belakang Produk
Definisi Produk, yaitu barang fisik atau jasa yang dapat
memenuhi kenutuhan konsumen. Produk diklasifikasi menjadi beberapa, yaitu :
Produk Konsumen,
adalah produk yang tersedia secara luas bagi konsumen, sering dibeli konsumen
dan mudah didapat. Contoh : Susu, surat kabar, gula, soda, dll.
Produk Belanja,
berbeda dengan produk konsumen, karena produk belanja tidak sering dibeli.
Contoh : Mebel, peralatan rumah tangga, dll.
Produk Spesial,
adalah produk yang dimaksudkan untuk konsumen tertentu yang spesial dan oleh
karenanya memerlukan upaya khusus untuk membelinya. Contoh : Jam Tangan Rolex,
Mobil BMW
Lini Produk, Lini
produk adalah sekelompok produk yang berhubungan yang diproduksi oleh suatu
perusahaan. Suatu perusahaan dapat memiliki lebih dari satu lini produk dan
tiap produk dalam satu lini tersebut dapat dijual secara terpisah. Lini produk
dapat terdiri atas produk yang berhubungan dengan berbagai ukuran, jenis,
warna, kualitas, atau harga. Sebagai contoh, suatu produsen kosmetik dapat
memiliki lini produk bedak dan lipstik, serta lini produk khusus yang ditujukan
untuk remaja dan orang tua.
Bauran Produk, Bauran Produk atau product mix adalah kombinasi berbagai jenis produk yang di jual
kepada masyarakat konsumen oleh sebuah perusahaan atau suatu unit usaha, Bauran
Produk kebutuhan akan kombinasi pemasaran sangat bervariasi untuk tiap
produk.misalnya produk mobil membutuhkan banyak wiraniaga dan upaya
promosi,tetapi tidak memerlukan kemasan dan merek yang menawan tetapi tidak
memerlukan pelayanan purna jual.
Contoh Bauran
:Produk IBM, perangkat lunak, perangkat keras, dan jasa global dan perusahaan
jasa konsultasi KPMG, akuntansi, Sistem informasi teknologi, dan lainnya.
Mengidentifikasi
Target Pasar
Target Pasar adalah Kelompok individual atau organisasi yang
memiliki karakteristtik yang sama yang mungkin akan membeli produk tertentu.
Ciri-ciri umum yang digunakan untuk menggambarkan target pasar yaitu jenis
kelamin, usia, dan pendapatan konsumen. Klasifikasi Target Pasar Secara Luas,
yaitu : Pasar Konsumen, yaitu pasar untuk berbagai produk dan jasa konsumen
yang dipakai untuk keperluan pribadi. Misalnya pakaian, dan perlengkapan rumah
tangga. Pasar Industri, yaitu pasar untuk berbagai produk industri yang dibeli
oleh perusahaan , atau untuk menjual, menyewakan, atau menyediakan
barang-barang kepada orang lain.Misalnya Plastik dan baja.
Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Ukuran Target Pasar :
Demografis, karakteristik Populasi Manusia atau segmen tertentu dari populasi
tersebut, Faktor-Faktor Ekonomi seperti
inflasi, suku bunga, dan pengangguran dapat memiliki dampak besar pada
permintaan konsumen. Nilai-Nilai Sosial berpengaruh pada selera konsumen dan
preferensi, contohnya permintaan rokok dan minuman keras turun ketika konsumen
menyadari akan bahaya kesehatan.
Membuat Produk Baru
Kebutuhan untuk menciptakan produk baru meningkat apabila
produk yang lama telah usang. produk baru atau dapat dikatakan perbaikan dari produk yang ada. Langkah-Langkah
Penting untuk Menciptakan Produk Baru : Mengembangkan Ide Produk, yaitu
menentukan apa yang konsumen butuhkan. Menilai Kelayakan Ide, yaitu menentukan
antara Keuntungan dengan biaya yang dikeluarkan. Merancang dan Menguji Produk,
yaitu menentukan antara konsumen yang akan membeli dengan produk yang dibeli.
Mendistribusikan dan Mempromosikan Produk, yaitu membuat konsumen dalam target
pasar dan mengetahui keberadaan produk.Pengawasan Pasca Produksi, yaitu
menentukan kebutuhan produk yang akan diperbaiki.
Diferensiasi produk
Diferensiasi produk adalah upaya sebuah perusahaan untuk
membedakan produknya dari produk pesaing dalam yang membuat produknya lebih
diinginkan dari produk pesaing lainnya. Beberapa metode umum yang digunakan
untuk membedakan suatu produk :
-Rancangan unik, Dimana produk yang dihasilkan lebih aman,
mudah digunakan atau memiliki beberapa keunggulan lain.
-Kemasan unik, Dimana dapat mendorong atau berisi iklan.
-Merek unik, Dimana
dapat mendoronganggapan konsumen terhadap kualitas produk.
(Merek adalah metode untuk mengidentifikasi dan membedakan
berbagai produk dari produk pesaing.)
Strategi Penentuan
Harga
Penentuan harga
berdasarkan biaya produksi
Estimasi biaya per-unit untuk memproduksi produk dan
menambahkan suatu kenaikan.
Penentuan harga berdasarkan suplai persediaan
Harga dapat diturunkan unutk mengurangi kebutuhan
persediaan.
Penentuan harga
berdasarkan harga pesaing
Harga akan ditentukan dibawah harga pesaing untuk memperoleh
suatu keuntungan (penentuan harga penetrasi akan diatas pesaing untuk
menetapkan kesan yang tinggi / penentuan harga prestise)
Menentukan Harga
Penetrasi
Strategi menentukan harga yang lebih rendah dibanding
produk-produk pesaing agar dapat menembus pasar. Kredit, kebijakan perusahaan
pada keterlambatan pembayaran untuk barang atau jasa, dapat digunakan untuk
menciptakan keunggulan kompetitif dalam memasarkan produk atau jasa. Menawarkan
rencana pembayaran jangka panjang menyediakan pembiayaan bagi nasabah potensial
yang lain mungkin tidak memiliki uang tunai yang tersedia untuk pembelian
langsung. Persyaratan kredit bisa diubah untuk mendorong pembayaran awal oleh
pelanggan. Misalnya, istilah "2/10 net 30"
Menentukan Harga dapat dilakukan dengan cara berikut:
- Penentuan Harga
Defensif
Tindakan menurunkan harga produk unutk menahan,
mempertahankan pangsa pasarnya.
- Penentuan Harga
Predatori
Strategi menurunkan harga untuk menyerang pesaing baru yang
masuk ke dalam pasar.
- Penentuan Harga
Pestise
Strategi menggunakan harga yang lebih tinggi untuk meraih
kesan lini yang terbaik
Sekian dulu ya kawan semua tentang penjelasan Produk Dan juga Penentuan Harga Jualnya, jadi kalau kawan semuanya mau menentukan harga jual ,kalian harus tau juga nih strateginya bagaimana dan juga cara analisis pasar yang dituju, begitu kawan.Semoga tulisan ini bermanfaat buat
kawan-kawan sekalian yaa , sekian dan terimakasih
Comments
Post a Comment